Posted by : Unknown Sunday, February 28, 2016

Seiring waktu,kemajuan dari dunia fotografi sangat pesat yang dibarengi teknologi. Banyak fotografer mulai melihat kembali bentuk awal seni megah ini. Karya Fotografi dari abad 19 dan 20, dengan kamera primitif mereka pada jaman sekarang benar-benar dihargai, sehingga hasil karya mereka saat ini dianggap sebagai koleksi seni yang berharga.
Berikut Sharing di Sini 17 Karya fotografi  terbaik dan paling mahal yang pernah terjual.
1. Rhine II
Rhine II by Andreas Gursky most expensive photography
Rhine II by Andreas Gursky most expensive photography
Fotografer: Andreas Gursky
Harga: $ 4.300.000
Fotografer terkenal asal Jerman, Andreas Gursky, menjadi pencipta foto paling mahal di dunia. Rhine II terjual senilai $ 4.300.000 di lelang Christie Gallery pada 11 November 2011. Karya Gursky menangkap sinkronisasi sempurna dari Sungai Rhine di bawah langit abu-abu. Potret tersebut mengalahkan perkiraan pra penjualan yang semula diperkirakan antara $ 2,5 juta – $ 3,5 juta.

2. ‘Untitled # 96’
Untitled # 96 by Cindy Sherman most expensive pgotography in the world
Untitled # 96 by Cindy Sherman most expensive pgotography in the world
Fotografer: Cindy Sherman
Harga: $ 3.890.000
Foto ini dihasiilkan pada tahun 1981, oleh seorang fotografer kenamaan dan sutradara film, Cindy Sherman, ‘Untitled # 96’  dianggap sebagai salah satu karya terbaiknya dan termasuk dalam foto-foto termahal di dunia. Foto ini menampilkan foto diri, di mana Cindy berbaring di lantai dengan selembar kertas di tangannya dan mengenakan pakaian berbahan kasmir. Foto ini dirilis bersama edisi sepuluh foto Cindy Sherman, pada tahun 1981. The Untitled # 96 itu dijual dalam sebuah lelang yang diselenggarakan oleh Christie gellery dan terjual dengan angka fantastis yaitu  $ 3.890.000.

3. 99 Cent II Diptychon
99 cent II Diptychon by Andreas Gursky most expensive photography
99 cent II Diptychon by Andreas Gursky most expensive photography
Fotografer: Andreas Gursky
Harga: $ 3.346.456
Salah satu fotografer ternamayang paling signifikan di bidang fotografi landcape, Andreas Gursky. Gursky juga memiliki satu karya lagi yang terjual dengan angka termahal karena karya kreatifnya, 99 Cent II Diptychon. Foto ini mewakili kehidupan sehari-hari orang biasa melalui department store yang diambil pada tahun 2001 dan merupakan dua bagian foto. 99 Cent II Diptychon menggambarkan rak produk dari supermarket dan cara mengambil gambarnya, menciptakan kolase warna yang luar biasa. Foto ini dikembangkan menggunakan cetak warna kromogenik, dengan hanya tiga sidik jari yang ada. 99 Cent II Diptychon karya Andreas Gursky menjadi berita utama di seluruh dunia seni, ketika itu dilelang dengan angka senilai $ 3.340.000 di New York pada tahun 2007.
4. The Pond Moonlight
most expensive photography
The pond moonlight by Edward Steichen
Fotografer: Edward Steichen
Harga: $ 2.928.000
Diambil oleh fotografer ternama, Edward Steichen, ‘The Pond Moonlight’ dianggap sebagai salah satu bagian paling luar biasa dari fotografi alam dan bahkan dihitung di antara foto-foto yang paling mahal. Foto ini diambil pada tahun 1904 dan juga dianggap sangat langka karena merupakan foto berwarna pertama, sebelum timbulnya teknik warna fotografi. The Pond Moonlight menangkap gambar hutan dan kolam, di mana di bawah sinar matahari dapat terlihat di atas cakrawala, melalui celah di pohon-pohon. Sampai sekarang, hanya tiga cetakan foto menakjubkan yang bertahan, dengan dua di antaranya dipajang di koleksi museum. Di lelang pada bulan Februari, 2006 dan mengumpulkan angka tertinggi $ 2.930.000.
5. Billy the Kid
billy the kid by unkwon
billy the kid by unkwon
Fotografer: Unknown
Harga: $ 2.300.000
Salah satu koboi paling terkenal dari Old West, Billy the Kid, menjadi berita utama pada bulan Juni, ketika sebuah foto terjual pad alelang senilai $ 2.300.000. Foto unik, yang fotografernya masih belum diketahui, dibawa pada tahun 1879-1880 dari sebuah bar di Fort Sumner, New Mexico. Foto menggambarkan penjahat terkenal memegang laras pistol tegak dengan Colt 45 pistol terikat di pinggulnya. Sejak 130 tahun terakhir, Billy the Kid telah menangkap imajinasi jutaan orang di seluruh dunia melalui berbagai buku, acara televisi dan film. Penawar yang menang dari foto yang indah ini ternyata menjadi miliarder Florida, yaitu William Koch.

6. Kremlin Tobolsk
Kremlin Tobolsk by Dmitry Medvedev
Kremlin Tobolsk by Dmitry Medvedev
Fotografer: Dmitry Medvedev
Harga: $ 1.750.000
Dmitry Medvedev, yang juga Presiden Federasi Rusia mampu mengambil hati dan pikiran para penikmat seni di seluruh dunia, dengan foto berjudul, Kremlin Tobolsk. Gambar diambil pada tahun 2009, menangkap kemegahan Kremlin yakni benteng yang terletak di Siberia. Kremlin dikenal sebagai salah satu tempat tinggal terakhir dari tsar terakhir Rusia dan keluarganya pada saat Revolusi Rusia tahun 1917. Foto megah ini dijual dalam sebuah lelang pada Januari 2010 dan mendapatkan nilai jual $ 1.750.000.

7. Nude
Nude by Edward Weston
Nude by Edward Weston
Fotografer: Edward Weston
Harga: $ 1.609.000
Dianggap sebagai pelopor fotografi abad ke-20, Edward Weston terkenal di dunia seni untuk menjadi salah satu fotografer Amerika yang paling berpengaruh saat ini. Koleksi foto-fotonya dianggap sebagai beberapa karya terbaik dari seniman di dunia. Potret karyanya ‘Nude’, diambil pada tahun 1925 merupakan serangkaian foto-foto Edward yang diambil selama tahun 1920, melibatkan berbagai model telanjang. Di antara model yang paling dihargai yang bekerja bersamanya pada proyeknya adalah istrinya Flora dan Modotti. Model baru ini segera menjadi model utama untuk fotografer, sementara Edward terus mengambil gambar dari teman-teman dan model sama. Fotonya menjadi popularitas besar, dan foto “Nude” terjual senilai $ 1.609.000.

8. Georgia O’Keeffe (Hands)
Georgia O'Keeffe (Hands) by Alfred Stieglits
Georgia O’Keeffe (Hands) by Alfred Stieglits
Fotografer: Alfred Stieglitz
Harga: $ 1.470.000
Melanjutkan daya tarik terhadap anatomi manusia, khususnya dari istrinya, Georgia O’Keeffe, seorang fotografer legendaris Alfred Stieglitz datang dengan karyanya Georgia O’Keeffe (Hands). Dianggap sebagai salah satu kreasi terbaiknya, foto ini merupakan bagian dari koleksi yang terdiri dari sekitar tiga ratus foto pelukis Georgia O’Keeffe. Alfred Stieglitz mengambil foto indah ini untuk mewakili kepribadian Georgia, sang fotografer meyakini bisa diungkapkan hanya dengan memandang tangannya. Foto luar biasa ini meraih perhatian dunia kolektif, ketika terjual di lelang pada bulan Februari 2006, senilai $ 1.470.000.

9. Georgia O’Keeffe Nude
Georgia O'Keeffe Nude by Alfred Stieglitz
Georgia O’Keeffe Nude by Alfred Stieglitz
Fotografer: Alfred Stieglitz
Harga: $ 1.360.000
Menangkap esensi dan keindahan tubuh manusia, Georgia O’Keeffe Nude secara luas dianggap sebagai salah satu karya terbaik fotografi oleh fotografer Amerika dan promotor seni modern, Alfred Stieglitz. Diambil di tahun 1919, oleh Alfred, yang sangat terpesona dengan keindahan anatomi manusia dan terutama istrinya, Georgia O’Keeffe. Selama tahun 1918-1925, Alfred Stieglitz mengambil banyak foto telanjang kekasih dan teman hidupnya, Georgia O’Keeffe, sekaligus menciptakan koleksi seni yang akan kemudian dalam waktu dianggap sebagai salah satu karyanya yang terbaik yang ada. Georgia O’Keeffe Nude digambarkan wanita cantik yang benar-benar telanjang, sementara fokus fotografer di berbagai bagian tubuhnya bahwa ia dianggap sebagai karya seni alami. Georgia O’Keeffe Nude kemudian diakui sebagai salah satu jenis foto dengan popularitasnya yang tinggi berhasil terjual senilai $ 1.360.000, pada sebuah lelang pada tahun 2006.

10. Untitled (Cowboy)
untitled (cowboy) by Richard Prince
untitled (cowboy) by Richard Prince
Fotografer: Richard Prince
Harga: $ 1.482.500
Diambil pada tahun 1989, Untitled (Cowboy) mewakili simbolis kebebasan cowboy Amerika Serikat Selatan, yang pada masa kini telah menjadi sebuah legenda. Foto ini diambil oleh seorang pelukis dan fotografer, Richard Prince dan telah menjadi simbol maskulinitas Amerika. Yang membuat foto ini lebih menarik adalah kenyataan bahwa koboi yang ditampilkan di dalamnya menjadi sebuah iklan, yang dirancang khusus untuk rokok Marlboro. Foto ini mewakili semua karakteristik unik dari koboi, turun ke kuda, lassos, taji, sepatu bot koboi dan bahkan kuda. Karya ini menjadi berita utama pada tahun 2005, ketika itu dilelang di Christie New York dan menghasilkan nilai $ 1.482.500.

11. Dovima and Elephants
Dovima and Elephants the most expensive photo
Dovima and Elephants the most expensive photo
Dovima and elephants by Richard Avedon
Dovima and elephants by Richard Avedon
Fotografer: Richard Avedon
Harga: $ 1.151.976
Fotografer Amerika, Richard Avedon, dikenal dengan foto ikonik nya, ‘Dovima and Elephants’. Gambar ini unik dan sangat menawan diambil di Cirque d’hiver di Paris dan digambarkan salah satu model yang paling terkenal saat itu, Dorothy Horan atau Dovima. Foto itu menggambarkan Dovima dalam gaun malam hitam dengan dua gajah sirkus. Gaun yang dikenakan oleh Dovima untuk gambar adalah gaun malam pertama dirancang untuk Christian Dior oleh rekannya, Yves Saint-Laurent. Perbedaan mencolok digambarkan dalam foto yang dari ketangguhan kasar dari gajah disinkronisasi untuk kesempurnaan dengan keindahan elegan dan rapuh dari Dovima, foto unik ini menjadi legendaris. Dovima dengan Gajah mencapai puncak kesuksesannya, ketika foto itu dijual dengan nilai fantastis $ 1.151.976.

12. Nautilus
Nautilus by Edward Weston
Nautilus by Edward Weston
Fotografer: Edward Weston
Harga: $ 1.082.500
Diambil oleh fotografer terkenal, Edward Weston, Nautilus dikatakan menjadi salah satu spesimen yang mengarah pada patokan untuk fotografi modern. The Nautilus, seperti namanya adalah cangkang nautilus tunggal yang diambil dari jarak dekat, diambil dengan latar belakang hitam. Foto yang yang diambil pada tahun 1927 sangat terinspirasi dari koleksi lukisan kerang laut yang dilakukan oleh Carmel artis Henrietta Shore. The Nautilus mulai mendapatkan popularitas segera setelah itu dicetak dan Edward Weston mencetak sejumalh 28 cetakan foto megah ini dan cetakan pertama dijual oleh Weston sendiri, hanya senilai $ 10. Namun, pada 2010,salah satu jenis foto menjadi berita utama, ketika dijual dalam sebuah lelang di New York dan mendapatkan angka hingga senilai satu juta dolar.

13. One
One by Peter Lik
One by Peter Lik
Fotografer: Peter Lik
Harga: $ 1.000.000
Fotografer Australia, Peter Lik dikatakan menjadi salah satu fotografer profesional paling sukses dan berbakat dalam industri fotografi. Salah satu karyanya, ‘One’ membuat sejarah, ketika dijual senilai $ 1,000,0000 dan masuk ke dalam daftar elit foto termahal di dunia yang pernah dijual.  The ‘One’ adalah salah satu fotografi alam yang paling menakjubkan yang ditangkap dalam keheningan dan ditangkap di tepi Sungai Androscoggin di New Hampshire. “One” memberikan kesan sebuah lukisan daripada sebuah foto dengan percikan mencekam cahaya alami dan warna. Hadir sebagai salah satu seniman yang paling berpengaruh dari abad ke-21, Peter Lik terkenal karena beberapa foto nya memukau seperti he Ghost, Angel’s Heart, Pele’s Whisper and Tree of Life.

14. 113. Athènes, T [emple] de J [upiter] Olympien pris de l’est
Athènes, T[emple] de J[upiter] olympien pris de l’est by Joseph-Philibert Girault de Prangey
113. Athènes, T[emple] de J[upiter] olympien pris de l’est by Joseph-Philibert Girault de Prangey
Fotografer: Joseph-Philibert Girault de Prangey
Harga: $ 922.488
Seorang ahli  fotografi modern dan fotografer terkenal Prancis Joseph Philibert Girault de Prangey dikenal dengan fotonya mengenai pemandangan Athena, Yunani 1842 yang ebrjudul 113. Athènes, T [emple] de J [upiter] Olympien pris de l’est. Dilelang di Christie di London pada tahun 2003. Joseph-Philibert Girault de Prangey dikenal foto-fotonya pada kawasan Timur Tengah dan sebagian besar karir artis sebagai fokus menangkap beberapa tembakan yang paling luar biasa yang meliputi Yunani, Palestina, Mesir, Suriah dan Turki. Seluruh koleksi de Prangey ditemukan pada tahun 1920 dan segera dianggap sangat penting. The 113. Athènes, T [emple] de J [upiter] Olympien pris de l’est merupakan foto termahal di dunia yang dijual pada tahun 2003, ketika dibeli oleh Sheik Saud Al-Thani dari Qatar dengan harga mengejutkan senilai $ 922.488 .
15. The Great Wave, Sete
The Great Wave, Sete by Gustave Le Gray
The Great Wave, Sete by Gustave Le Gray
Fotografer: Gustave Le Gray
Harga: $ 838.000
Dianggap sebagai pelopor fotografi abad ke-19 dan penemu media fotografi baru, Gustav Le Gray dianggap sebagai salah satu fotografer yang paling kreatif dan berpengaruh di era modern. Salah satu foto yang diambil pada tahun 1857 menggambarkan badai. The Great Wave, Sete menangkap pantai megah di Sete dalam warna hitam & putih dan foto itu merupakan bagian dari koleksi bentang laut yang diambil selama studi maritim dilakukan oleh Gustave Le Gray. The Great Wave, Sete diambil di Sete, sebuah pelabuhan Mediterania di selatan Perancis, sambil membawa banyak kesamaan yang lain karya Gray;  The Broken Wave, Sete (La Vague Brisee, Sète). Dengan teknologi yang terbatas di tangan, Gustave mengambil satu awan badai, sementara tertambat di atas cakrawala.  The Great Wave, Sete dilelang di Sotheby pada tahun 1999, dengan harga luar biasa $ 838.000.

16. Joueur d’orgue
Joueur d'orgue by Eugène Atget
Joueur d’orgue by Eugène Atget
Fotografer: Eugène Atget
Harga: $ 686.500
Salah satu fotografer arsitektur yang paling terkenal, Eugène Atget, menghasilkan karya fotografi Joueur d’orgue.Foto ini  dianggap cukup langka sebagai bagian yang dari serangkaian yang menampilkan individu tersenyum yang menggambarkan kedekatan artis dan arsitektur. The Joueur d’orgue dipublikasikan pada 1898-1899, saat kehidupan jalanan adalah bentuk hiburan dalam dirinya sendiri dan Mr orgue membawanya pada dirinya untuk melestarikan waktu unik ini dengan mencetak sekitar 80 potret dalam bentuk kartu pos di tahun 1905. The Joueur d’orgue dari Eugène Atget dilelang tahun 2010 oleh Christie dan menghasilkan $ 686.500, jauh melebihi perkiraan pra-lelang yang diperkirakan hanya sebesar $ 100.000 – $ 150.000.

17. Moonrise, Hernandez, New Mexico
Moonrise, Hernandez, New Mexico by Ansel Adams
Moonrise, Hernandez, New Mexico by Ansel Adams
Fotografer: Ansel Adams
Harga: $ 609.600
Diambil pada tanggal 1 November 1941, Moonrise, Hernandez, New Mexico dianggap sebagai salah satu foto yang paling memukau dan termahal. Foto diambil oleh fotografer terkenal, Ansel Admas, merupakan mata artistik Ansel, yang menangkap nuansa November sore di New Mexico. Salah satu gambar semacam ini dianggap sebagai spesimen luar biasa fotografi twilight, dimana gambar adalah harmoni yang sempurna dari New Mexico dengan senja di cakrawala. Sebuah karya fotografi cemerlang yang dilelang di Sotheby pada tahun 2006 dan menghasilkan nilai menakjubkan $ 609.600.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Seputar Informasi - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -